Selasa, 29 November 2011

Perkembangan Janin 22 Minggu - 24 Minggu

Assalamualaikum....
Aduuuh kangennya nge-blog. Baru sempet posting lagi nih. Karena ada kesibukan, jadi baru sekarang deh posting-nya. Nah, kali ini saya mau cerita tentang perkembangan Dedek. Sekarang Dedek udah 24 minggu. Artinya tinggal 16 minggu lagi menuju kelahiran. Bismillah.
Waktu tanggal 12 November 2011 kemarin, Dedek kontrol ke dokter, trus liat hasil USG nya. Subhanallah.. muka Dedek terlihat jelas. Lucuuuuu :*

Usia 22 minggu


Pada gambar di sebelah kanan bawah, itu muka Dedek. Keliatan mata, hidung, dan mulutnya. Dedek mirip siapa yaaa? Subhanallah banget ciptaan Allah ini. Kata dokter, semua organ dalam sudah terbentuk dengan sempurna. Detak jantung berada pada batas normal. Posisi Dedek juga sudah bagus, kepala berada di bawah. "Dek, jangan rubah lagi yah posisinya." Posisi plasenta berada pada tempat yang tepat. Berat Dedek sudah mencapai 489 gram. Dan bundanya udah naik 7kg dari mulai hamil sampai sekarang. Hihihi.

Berikut perkembangan janin di usia 22 - 24 minggu yang dikutip dari http://bidanku.com

Perkembangan Janin Minggu ke-22

Janin mulai sadar akan lingkungannya dan janin akan merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan anda di perut. Tubuh Janin mulai memproses sel darah putih. ini penting untuk Janin dalam melawan penyakit dan infeksi.
Di usia ini pula kelopak mata mulai menjalankan fungsinya untuk melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka. Jantung janin yang terbentuk di minggu ke-5 pun mengalami “modifikasi” sedemikian rupa dan mulai menjalankan fungsinya memompa darah sebagai persiapannya kelak saat lahir ke dunia. 

Perkembangan Janin Minggu ke-23

Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhnya. Saat ini janin terlihat sama seperti akan lahir, tapi lebih kecil dan kurus. Anda dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stetoskop.(letakkan stetoskop langsung di perut).pertumbuhan otak saat ini sangat cepat.
Kulitnya masih tampak keriput karena kandungan lemak di bawah kulitnya tak sebanyak saat ia dilahirkan kelak. Namun wajah dan tubuhnya secara keseluruhan amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti. Hanya saja rambut lanugo yang menutup sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap di usia kehamilan ini. 

Perkembangan Janin Minggu ke-24

Pendengaran Janin sudah terbentuk sempurna. Janin akan bergerak dengan suara musik dari luar. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara-suara bising atau teriakan yang tak disukainya. Janin membentuk pola kapan saat tidur dan saat bangun. Anda aka merasakan saat janin bergerak terus, dan saat terdiam. Kelopak-kelopak matanya kian sempurna dilengkapi bulu mata

Kalau baca perkembangan Dedek tiap minggunya, jadi makin gak sabar pengen cepet-cepet lahiran. Tapi kalau ngebayangin lahirannya langsung takut. Hal yang wajar kita merasa takut akan kelahiran anak kita, asal jangan berlebihan. Kata orang-orang, rasa sakitnya akan hilang begitu kita melihat wajah mungil buah hati kita.

Sekarang ini Dedek sering banget gerak-gerak di dalem perut. Kalau bundanya udah terlalu lama berdiri, dia pasti bakal nendang bundanya. Ngingetin bundanya untuk istirahat. Pinternyaaa.

Nikmatilah masa-masa kehamilan bunda. Luar biasa sekali rasanya bisa merasakan yang namanya hamil. Tunjukkan kasih sayang kita kepada anak kita sejak dia masih dalam perut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar