36 comments
  1. Ibu hari ini kasus saya sama persis dengan yang keluarga saya alami, anak saya kuning dan sedang di inkubator. apakah bisa sembuh penyakit kuning ini? thank firmansyah

    BalasHapus
  2. Bunda ini sama dengan anak saya puan namanya kmrn sdh sempat dsinar 3jari bilirubin 19, ini umurnya 15hari tp masih jg sering tertidur pulas. Kenzi umur brp sembuh totalnya bunda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii mbak. Kenzie bener-bener sembuh total pas umurnya 1 bulan

      Hapus
  3. kasusnya sama mba..anak saya kemaren juga dirawat 3 hari 2 malam karena bilinya tinggi 23,3..pulang drawat dr rs bilirubinnya turun dibawah 10..tapi sejak dia plang hingga hari ini kurang lebih dah 10 hari sejak dia pulang mathari ga ada, jadi anak saya ga dijemur2..semakin kesini saya perhatikan kuningnya dateng lg terutama di area muka dan bola matanya yg menguning..pipisnya pun brwarna kuning..untuk kenzie perawatn dirumah stelah plang dr rs apa mba? kenzie sembuh total pas umur 1 bulan yah ,mba? itu perawatan drumahnya sperti apa mba? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak maafkan komen ini terlewat.. :( perawatan di rumah sih cuma banyak minum susu aja mbak. Kenzie pas kuning gitu dibantu sufor karena ada kemungkinan breastmilk jaundice kata dokternya. Tinggi juga ya mbak bilirubinnya. tapi gak sampai ganti darah kan? skrg gimana keadaan si kecil? semoga sehat selalu yaaa.. aamiin..

      Hapus
  4. Anak saya jg sedang mengalami hal yg sama, sudah disinar dan sekarang dirawat dirumah, tp susah banget nyusunya.. Saya panik sekali.. Bagaimana perawatan kenzie dirumah hingga benar2 sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai.. Kenzie sih gak ada perawatan khusus saat dirumah. cuma banyak minum susu aja. kalo ada matahari pasti dijemur. Kenzie benar-benar hilang kuningnya karna disinar. Karena penyebabnya perbedaan golongan darah, jadinya agak sulit kalo cuma mengandalkan matahari.

      Susa nyusu? itulah kesulitan terbesarnya. bayi lebih seneng tidur dan susah sekali dibanguninnya. Ibunya harus semangat yaaa. 2 jam sekali kasih susu. Semoga si kecil sehat selalu...

      Hapus
  5. Mbk anak sy mengalami hal yg sama,krn beda golda,sempat disinar 4 hari namun krna musim hujan jarang dpat matahari sekarang agak kuning lagi..nyusu sudh sy usahakan 2 jam sekali full asi..mbk bagaimana waktu kenzie pulang disinar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo karena glongan darah emang ga bisa cuma dengan jemur aja mbak. harus di fototerapi. pas udah dirumah Kenzie nyusunya lumayan sih, karena masih dibantu sufor sedikit. tapi dia masih kuning aja sampe umur sebulanan. setelah fototerapi yang ke3 kali baru bener-bener ilang kuningnya.

      Hapus
  6. Hi mom..anak ke2 sy Maher jg msh kuning pdhl hari ini genap 1bulan umurnya.terakhir cek lab hari minggu kmrn bilubirinnya msh 12.90.bb lahir 2,6kg,hari ke turun jd 2,4kg.skrg sdh 4065gr.sy jd bingung knp teteap kuning pdhl dy kuat nyusunya tiap 2jam.sdh dibawa rs tp katanya blm perlu disinar.minta saran nya ya mom..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mom, wah itu naiknya banyak sampe udha 4kg. coba cari second opinion mom buat cari tau penyebab si kuningnya. harus dicari tau biar sampe bener-bener pulih. kasian kalo lama-lama kuning gitu

      Hapus
  7. Hai bund , anak saya sama persis kayk kenzi , mlah kadarnya tinggi bngt kmrn 26,60 trus di ftoterapy sampai 1minggu lalu udah trun jadi 8 blirubinnya, tp saya ttp tkt , tkt kalau naik lg. Mau d bntu d jmur lg msm hujan trus dsni, trus kalau wkt menyusu suka ngamuk , pdhal dia snang nyusunya.walaupun sdah dbwah 10 apkh blirubnya mash bsa naik ya bun .soalnya skrg mash agk kuning bngt kalau malm.

    BalasHapus
  8. Hai bund , anak saya sama persis kayk kenzi , mlah kadarnya tinggi bngt kmrn 26,60 trus di ftoterapy sampai 1minggu lalu udah trun jadi 8 blirubinnya, tp saya ttp tkt , tkt kalau naik lg. Mau d bntu d jmur lg msm hujan trus dsni, trus kalau wkt menyusu suka ngamuk , pdhal dia snang nyusunya.walaupun sdah dbwah 10 apkh blirubnya mash bsa naik ya bun .soalnya skrg mash agk kuning bngt kalau malm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perbedaan golongan darah ada kemungkinan naik lgi. lalu skrg gimana keadaannya? maaf yaa saya udah lama sekali ga buka blog. sehat selalu untuk si kecil

      Hapus
  9. Hai bunda, sy baru lahiran seminggu lalu dan anak sy juga di fototerapi double krna kadar bilirubin nya 19.5 sehari pertama lgsung turun jadi 11koma sekian. skrg sudah hari ke3 berharap bgt bisa pulang skrg . bunda kenzi selama pake sufor itu bayi nya ga jadi bingung puting? Sy takut nya jd bungung puting dan kebetulan ASI saya juga blm terlalu banyak 😢. Takut nanti bisa naik lagi kadarnya grgr kurang asi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bingung puting mbak. tapi karna asi saya jadi seret karna stress, kenzie jadi marah nyusunya..

      Hapus
  10. Bayi saya sudah umur sekira satu minggu kadar nya nyampe 14mg apa gak bahaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo kadarnya segitu harus fototerapi. karna minimal . skrg gimana keadaannya?

      Hapus
  11. Bun aku juga ngalamin sama persis dengan bunda, dibhari ke 6 bayi aku di fototerapi karena bilirubinnya naik 13,1 dan golongan darah aku sm debay beda jadi kemungkinan agak bandel kuningnya, gak lama di sinarnya cuma 1 malam karena besoknya di cek darah udh turun kadar bilirubinnya jadi 9, skrg anak ku udh 13 hari tapi bola matanya masih kuning dan masih suka tdr, walaupun berisik juga tetap tidur, apa bunda juga sama kaya gitu? Dan di hari keberapa sembuh totalnya bu ?

    BalasHapus
  12. Bun aku juga ngalamin sama persis dengan bunda, dibhari ke 6 bayi aku di fototerapi karena bilirubinnya naik 13,1 dan golongan darah aku sm debay beda jadi kemungkinan agak bandel kuningnya, gak lama di sinarnya cuma 1 malam karena besoknya di cek darah udh turun kadar bilirubinnya jadi 9, skrg anak ku udh 13 hari tapi bola matanya masih kuning dan masih suka tdr, walaupun berisik juga tetap tidur, apa bunda juga sama kaya gitu? Dan di hari keberapa sembuh totalnya bu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, anakku bener-bener sembuh di umur dia satu bulan. setelah fototerapi yang ketiga diumur sebulan itu, dia langsung sembuh. bola matanya udah gak kuning lagi.

      Hapus
  13. Bayi aku juga kuning mba ...saya bingung udah 2, x msuk rmh skit ko msih kuning juga .saya kira kalo udah pulng udah ga naik lgi ternyta bsa naik lgi ya mba bilirubinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mba. banyak faktor yang bisa bikin bilirubin naik. rajin konsul aja mba ke dokter nya. kalo saya tipe yang ga bisa ngediemin aja, jadi bakal sering ke dokter kalo saya hehehe

      Hapus
  14. Bayi saya sblm di phototerapi kadar bilirubin nya 20, hari ke 2 turun jd 13,5 mg ..hari ke 4 jd 10,5mg..hari ke 6 malah naik jd 11 mg.. Setiap hari saya dn istri selalu kirim asi perah ibunya, jam besuk tdak di berikan sma skali ibunya untuk menyusui lngsung, pr perawat ketus ktika kami mncoba mnanyakan informasi mngenai perkembangan ank kami.. Sy jd takut mreka merawatnya tdk telaten,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry for late reply ya. agak aneh ya dengan aturan RS nya. di RS hermina bogor saya boleh menyusui langsung di jam besuk. perawatnya juga baik dan telaten. semohga si kecil sehat selalu ya..

      Hapus
  15. Assalamua'laikum mommy",,,sekedar berbagi cerita jg..saya baru lahiran seminggu yg lalu..pas hari ke-5 jadwal kontrol anak saya dicek ternyata bilirubinnya 14,09 eh udah 2hari ini disinar ko' malah jd 16 ya?mohon infonya,,ko' bisa ya?kata susternya lab.diklinik pas kontrol sama diRS beda,,jd itu gmn ya?sekarang malah harus nambah yg tdnya hanya perlu disinar 2hari jd nambah katanya susternya minimal 4hari,,,rasanya js g karu"an mesti dipisah 2hari lg...mohon do'anya jg yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa mom dan bayinya beda golongan darah mom? kalo beda golongan darah bikin bilirubin cepat naik mom. semoga sehat selalu yaaa...

      Hapus
    2. Mohon maaf.. yg saya tau dari dokter tadi mengenai anak saya bilirubin juga hasil lab rs sakit pasti akan beda2 setiap rs. Dan untuk perawatannya juga berbeda menentukan brapa hari nya... mungkin maksd suster itu patokan nya 4 hari.. klo dlm kurun waktu kurang dri 4 hari sudah sembuhpun sudah boleh pulang

      Hapus
  16. Hai bun, sekarang saya mengalami kejadian yang sama dimana anak saya harus disinar karena kuning. Mohon doanya semoga segera sembuh total

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mom. semoga si kecil sehat selallu ya mom..

      Hapus
  17. terima kasih udah sharing bun.
    semoga kesehatan kenzie semakin membaik.
    aminn..
    karpet masjid

    BalasHapus
  18. Haii bunda kenzie.. saya juga skrg sdang mengalami hal yg sama. Saya habis op SC 5 hari lalu. Dan skrg anak saya bilirubin pas tdi di cek darah sampai 14koma berapa gitu.
    Dan skrg baby saya sedang di sinar. Mohon doa nya bunda2 skalian semoga baby saya bisa cepat pulih kembali dan bisa cepat pulang kerumah.
    Dan bilirubin nya cepat turun. Dan semoga tidak terulang untuk yg kedua kali nya.
    Makasih bun.

    BalasHapus
  19. Hallo para pecinta poker online, join sekarang juga bersama kami di DNAPOKER

    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Setiap Deposit 5%

    Link Altenatif kami :
    www. dnawin. co
    www. dnawin. net
    www. dnapoker. com

    BalasHapus
  20. Hallo para pecinta poker online, join sekarang juga bersama kami di DNAPOKER

    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Setiap Deposit 5%

    Link Altenatif kami :
    www. dnawin. co
    www. dnawin. net
    www. dnapoker. com

    BalasHapus
  21. Hallo para pecinta poker online, join sekarang juga bersama kami di DNAPOKER

    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Setiap Deposit 5%

    Link Altenatif kami :
    www. dnawin. co
    www. dnawin. net
    www. dnapoker. com

    BalasHapus